Apa Perbedaan Antara Web Hosting dan Domain Hosting?

  • Whatsapp

Apa Perbedaan Antara Web Hosting dan Domain Hosting? – Semua website membutuhkan keduanya, baik web hosting dan domain hosting. Kadang orang masih bingung terhadap keduanya, karena faktanya mereka adalah dua hal yang berbeda. Layanan hosting seperti Dewaweb menawarkan pembelian keduanya baik web hosting dan domain hosting. Membuat kamu lebih mudah untuk memilih dua service secara bersamaan dan cek domain web di sana.

Sebelum itu, apakah kamu tahu apa itu domain hosting? Domain hosting adalah layanan yang menyediakan nama domain untuk sebuah website. Sebuah web penjual domain hosting biasanya menawarkan domain dan mendaftarkan pembeli sebagai pemilik sebagai ganti pembayaran langganan tahunan.

Domain dikategorikan dalam beberapa level. Level yang paling umum adalah Top-Level, Generic Top-Level, dan Second-Level. Semua penyedia layanan web hosting juga memberikan layanan domain hosting dan semuanya memiliki top level domain, beberapa memiliki generic top level domain, dan beberapa memiliki second level domain. Domain yang biasanya digunakan adalah .com, .net, .org, dan .edu.

Terkadang ada beberapa penyedia layanan domain hosting yang spesial memberikan semua layangan termasuk second-level domain dan generic top level domain, seperti .photo atau .media. Dengan membeli domain dari domain host, kamu bisa memiliki domain tersebut selama kamu membayar biaya tahunan. Namun kamu tidak bisa membuat website tanpa web hosting, domain hanya akan memberikanmu alamat web saja.

Lalu apakah itu web hosting? Web hosting adalah penyedia layanan yang menjaga semua file dalam websitemu. Untuk bisa membeli web hosting, penyedia layanan mewajibkan kamu untuk sudah memiliki domain. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa cek domain web yang tersedia dan membelinya di penyedia web hosting.

Read More :  6 Tips Pintar Membeli Smartphone yang Baru Saja Rilis

Terdapat beberapa tipe yang berbeda dari web hosting, yang paling umum adalah shared, managed, dan dedicated. Tergantung dari tipe web hosting apa yang kamu beli. Kamu akan mendapatkan tool yang berbeda di disposal mu. Beberapa web hosting itu memberikan layanan yang akan membantumu menjaga website tetap berjalan tanpa kamu harus tau banyak tentang pengetahuan teknisnya seperti yang diuraikan berikut ini.

Shared

Dalam shared web hosting, beberapa website di hosting dalam satu server yang sama. Ini adalah pilihan terbaik untuk website kecil, blogger yang baru mulai dan pemilik bisnis baru. Dalam shared server, semua website menggunakan RAM dan CPU yang sama, yang berarti jika semua website sama-sama berukuran kecil maka tidak akan terjadi masalah. Namun apabila dalam shared server terdapat beberapa website yang tiba-tiba mendapatkan banyak pengunjung, website lain yang berada di hosting yang sama akan terkena dampaknya juga

Dedicated

Berbeda dari shared web hosting, dedicated web hosting, melakukan host pada setiap website pada servernya sendiri. Karena website tidak berbagi server atau sharing server, mereka bisa memiliki bandwith yang lebih besar untuk high traffic. Dedicated server juga menyediakan file storage yang besar untuk website dengan informasi yang banyak. Dengan memilih ini, klien memiliki akses untuk root dan akses untuk admin. Ini adalah pilihan yang baik jika sebuah perusahaan itu memiliki tim teknologinya sendiri.

Sebenarnya kebingungan antara web hosting dan domain hosting tidaklah terlalu rumit, jika kamu sudah membacanya kamu sekarang akan lebih mengerti tentang perbedaan di antara mereka berdua. Ketika kamu membutuhkan bantuan untuk domain websitemu, kamu bisa melakukan cek domain di mesin pencarian disini.

Read More :  Pilih Mana, Kartu Debit BNI Silver, Gold dan Platinum? Berikut ini Ulasannya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *